Kasnadi *
stkippgripo.ac.id
Abstract
Pramoedya Ananta Toer Is one of the Indonesian vanguard authors. As a vanguard author, he is course of supported by his high-quality works in addition to his productivity. In his work, he tends to issue the marginalized humans, the oppressed figures with all the problem of life. Therefore, Pram is well-known as a socialist realis author. On the one hand, Pram is an expert in ars poetica and keen in observation, and on the other hand he is humanitarian figure. With these provinsions, Pram is able to produce socialist realist work of ironic tone. Ironic relity in his works is like a small encyclopedia on the suffering of the ordinary people tortured in pain. The ironic reality as a form of suffering is also recorded in Cerita dari Blora (Stories form Blora). Broadly speaking, the encyclopedia of superring in Cerita dari Blora is divided in the following categories and classifications:a)suffering claused by the arrogance of the authorities, b) suffering due to tradition and culture, and c) suffering due to ignorance and poverty.
Keyword: socialist realism, suffering, ruler, ignorance and povert, tradition.
Pendahuluan
Realisme kata Lukacs adalah teori seni yang mendasarkan pada kontemplasi dialektik antara seniman dengan lingkungan sosialnya. Sedangkan istilah sosialis merupakan keadaan humanis yang lahir dari gerak realitas historis[1]. Karena itu seorang realis yang benar sekaligus seorang sosialis. Sehingga hakikat realisme sosialis menempatkan seni sebagai wahana penyadaran masyarakat akan keberadaan dirinya sebagai manusia yang memiliki dan memperjuangkan kebebasan[2]
Muara realisme sosialis mendasarkan pada konsep bahwa sastra merupakan bagian dari sistem sosial budaya yang hidup dan berkembang di masyarakat. Karena, lahirnya karya sastra tidak dapat dilepaskan dari konteks sosial zamannya. Karena itu, karya sastra tidak sekedar lamunan, fantasi, atau khayalan, tetapi justru realitas kehidupan yang telah mengristal dalam diri pengarang. Kristalisasi realitas kehidupan tersebut tampak pada pengalaman diri, pengalaman batin, pengalaman bahasa, maupun pengalaman estetis pengarang[3]. Setiap karya sastra adalah hasil pengaruh timbal balik yang rumit dari faktor-faktor sosial dan kultural, dan karya sastra itu sendiri merupakan objek kultural yang rumit. Karya sastra bukanlah suatu gejala yang tersendiri[4]
Seorang sastrawan dalam merespon realitas berpegang pada kejujuran. Hal ini karena pengarang berupaya agar karyanya dapat berfungsi sebagai saksi zamannya. Kesaksian yang jujur itu, bagi penguasa dimungkinkan bermakna lain, sehingga dapat dipahami sebagai bentuk perlawanan. Pantaslah, jika Albert Camus mengatakan bahwasannya seni (baca:sastra) sesungguhnya merupakan pemberontakan[5]. Pemberontakan itu kata Leo Trosky lahir sebagai perjuangan ungkapan manusia untuk memperoleh hak-haknya yang dirampas oleh struktur yang berkuasa[6]. Oleh karena itu, salah satu watak penting kesenian termasuk sastra adalah realitas perwujudan keprihatinan yang menimpa kehidupan manusia. Sebagai misal, perang saudara yang meninggalkan luka, bencana yang memprihatinkan, penjajahan yang keji, derita kemiskinan yang mendera, dan keserakahan, penindasan, penggusuran penguasa terhadap masyarakat yang meresahkan. Peristiwa-peristiwa itu semua menjadi inspirasi sastrawan dalam melahirkan karya-karyanya.
Pembahasan
Pramoedya Ananta Toer (selanjutnya ditulis Pram) merupakan salah satu pengarang Indonesia yang sanggup mencatat realitas ironis yang tersebar dalam masyarakat. Ia mampu menulis kejadian-kejadian yang sangat detail yang luput dari pemikiran pengarang lain. Karena itu, kata banyak pengamat sastra, Pram identik dengan sejarah Indonesia. Kepiawaian Pram dalam mencatat fakta sejarah dapat dibaca dalam sekian banyak karyanya. Sebagai Misal, Nayanyi Sunyi Seorang Bisu 1 dan 2, Perburuan, Korupsi dan juga Cerita dari Blora.
Meskipun, cerpen-cerpen yang terkumpul dalam Cerita dari Blora itu, ditulis Pram sudah setengah abad lebih, Pram mampu mengajak pembaca untuk menyaksikan deskripsi figur-figur celaka di depan mata. Hal ini disebabkan oleh kekuatan gaya tutur dan kejelian memotret permasalahan sosial yang tersebar di lingkungan sekitarnya. Membaca cerpen-cerpen Pram yang terkumpul dalam Cerita dari Blora, seakan kita diajak menelusuri parade dan reportase sejarah penderitaan manusia. Dengan humanitas tinggi, Pram mampu melahirkan karya-karya berbau realisme sosialis. Secara sederhana realitas ironis berwujud ensiklopedi penderitaan itu terpilah dalam kategori dan klasifikasi sebagai berikut: a) penderitaan akibat arogansi penguasa, b) penderitaan akibat tradisi, dan c) penderitan akibat kebodohan dan kemiskinan.
Penderitaan Akibat Arogansi Penguasa
Penderitaan akibat arogansi penguasa terlihat pada cerpen “Kemudian Lahirlah Dia”, “Hidup yang Tidak Diharapkan”, “Dia yang Menyerah”, “Yang Menyewakan Diri”, dan “Anak Haram”. Cerpen “Kemudian Lahirlah Dia” berkisah tentang sebuah keluarga yang menggalakkan swadesi untuk membantu kehidupan masyarakat sekitar. Swadesi mampu memantik denyut perekonomian masyarakat, sehingga pada gilirannya dapat menopang kebutuhan hidup secara sederhana. Tegaknya swadesi tidak bisa lepas dari pemikiran dan tangan dingin tokoh Ayah. Di samping memelopori tegaknya swadesi, ia juga membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan membuka berbagai macam kursus. Upaya tokoh Ayah tersebut tidak dikehendaki pihak penguasa. Hal ini terlihat bahwa semua bentuk swadesi dibumihanguskan dan pembodohan terus dilancarkan. Ketragisan tersebut membuka tokoh Ibunda berpesan pada anaknya, seperti terlihat pada deskripsi di bawah ini.
Belajarlah engkau baik-baik anakku. Kak Hurip pandai tapi ia belum kuasa mengatasi keadaan ini. Ia terpaksa melarikan diri untuk melupakan kekecewaannya. Ayahmu pun pandai, tapi belum kuasa. Karena itu anakku, engkau lebih pandai daripada mereka semua. Kalau engkau bisa lebih pandai dari mereka -jauh lebih pandai- takkan gagallah usaha dan pekerjaanmu (Toer, 2002: 79).
Situasi menjadi kontras tatkala swadesi tidak berjalan. Hancurnya swadesi melahirkan berbagai macam tindak kriminal, seperti: perjudian, perampokan, pembegalan, pencurian, penjambretan, pembunuhan, dan tindak kriminal lain. Pelumpuhan urat nadi perekonomian, pembodohan, dan penindasan –yang dilancarkan penguasa dengan segala cara- membuat frustasi tokoh Ayah dan Ibunda. Kejamnya penguasa sebagai wujud arogansi kekuasaan menyisakan trauma psikologis yang “menyungsum” pada masyarakat.
Upaya penguasa menghalangi kegiatan tokoh Ayah tidak lain adalah kelicikan penguasa yang secara terus-menerus membuat masyarakat menjadi miskin, bodoh, lemah dan pada akhirnya gampang untuk ditindas. Kapitalisme dilancarkan untuk membentuk kelas-kelas dalam masyarakat. Macam kelas borjuis dan kelas proletar. Kelas borjuis menjadi majikan, sedangkan kelas proletar menjadi buruh. Penguasa sangat getol melumpuhkan ekonomi rakyat sebagi manifestasi bangsa terjajah dan mengangkat dirinya sebagai penguasa adalah bentuk dari manusia penjajah. Dengan kemiskinan dan kebodohan yang diderita rakyat, tentunya penguasa akan lebih mudah menguasai segala aspek kehidupan masyarakat yang dikuasainya.
Cerpen “Hidup yang Tidak Diharapkan” melukiskan kisah sedih keluarga Kajan -potret keluarga miskin akibat kegersangan alam Blora pada masa pendudukan Jepang-. Kemiskinan mendera keluarga Kajan, sampai Mini –adik Kajan- direlakan menjadi gundik orang Jepang. Di samping itu, bengisnya Jepang mengakibatkan pemandangan kemiskinan terjadi dimana-mana. Lihat saja sebuah cuplikan di bawah ini.
Kadang-kadang pada suatu kali mereka jatuh sakit. Kawan-kawannya hanya bisa memandangi anak yang sakit itu. Dengan demikian mereka mati seorang demi seorang. Dan kematian mereka takkan mengherankan orang yang lalu di dekatnya, juga tak mengherankan bapak dan emaknya yang ditinggalkan di kampung: hidup yang tak diharapkan (Toer, 2002: 115).
Pemandangan tragis menyentuh empati dilukiskan Pram dengan ritme pelan tapi pasti. Deskripsi di atas memperlihatkan betapa tidak berartinya sebuah kehidupan. Anak-anak kecil bertebaran mengais rezeki di kota-kota. Kehidupannya sangat rentan dengan berbagai macam penyakit. Pemandangan anak kurus, kering pertanda kekurangan gizi menjadi hal biasa yang dapat dilihat setiap saat. Bahkan, sampai kematian pun menjadi barang murah yang tersedia kapan saja. Memang, kata Pram pada larik terakhir kutipan di atas sangat tepat, yakni: hidup yang tak diharapkan.
Tragedi semacam itu, akibat penjajahan Jepang yang terkenal dengan kekejiannya. Memang meski Jepang menjajah Indonesia dalam jangka yang tidak begitu lama jika diandinglan dengan Belanda, namun lukanya menjadi luka memanjang yang kegetirannya terasa sampai sekarang.
Penderitaan dalam cerpen “Dia yang Menyerah” disebabkan balutan konflik para pemegang kekuasaan seiring lengsernya pemerintahan Hindia-Belanda dari bumi Blora. Konflik itu mengakibatkan kehancuran keluarga kecil seperti keluarga Pak Sumo. Pak Sumo dengan kedelapan anaknya tercerai-berai akibat ideologi yang dianut berbeda. Pak Sumo pada awalnya sangat mengagumi Jepang yang berpanji-panji kemakmuran bersama. Pak Sumo beranggapan bahwa pada saat itu, Pasukan Sakura berjuang untuk mempertahankan Asia Timur Raya. Dan, inilah menurut Pak Sumo suatu permulaan yang baik bila anak-anaknya menjadi anggota Pasukan Sakura.Tetapi, karena kedua anak laki-lakinya gugur sebagai pasukan Sakura ia frustasi dan kecewa. Kekecewaan Pak Sumo dengan Dai Nippon, semakin membulatkan tekad masuk menjadi anggota Komite Nasional yang tentunya berpaham nasionalis.
Salah satu problem dalam keluarga Pak Sumo adalah perbedaan paham ideologi yang dianut. Is -anak ketiga Pak Sumo- justru mengambil jalan berseberangan dengan Ayahnya. Pak Sumo menceramahi anak-anaknya agar menjadi nasionalis sejati, di sisi lain Is mendoktrin dan mencekoki adik-adiknya tentang ajaran komunis. Menurut Is, merah adalah pejuang rakyat kecil dan penghancur kapitalis. Merah adalah penghancur budak-budak imperialis-borjuis yang mementingkan kemakmuran secara individualis. Inti perjuangan pasukan merah adalah bekerja untuk kemakmuran dan kepentingan bersama.
Sementara, Suradi dan Suripto masuk menjadi tentara Jepang. Suradi menjadi korban peperangan di Birma, dan Suripto diciduk Inggris. Kecarutmarutan keluarga Pak Sumo, menyisakan Sri dan adik-adiknya dalam penderitaan. Hal ini, dikarenakan, Pak Sumo sendiri dipenjara oleh Pasukan merah. Ia terpaksa dibunuh karena mempertahankan ideologi nasionalismenya. Sungguh, hidup hanya menunda kekalahan[7]
Sri dan adik-adiknya harus menelan apa saja yang bisa ditelan dan menghilangkan lapar barang sebentar. Tapi akhirnya, habis juga daging Sri dan keempat adiknya. Tinggal kepala mereka jua yang masih gemuk –seperti gerundang kering-. Semua keadaan buruk yang menimpa diri akan gadis kecil belum balig itu membuat pikirannya jauh lebih tajam daripada seharusnya. Perasannya pun jadi runcing, halus, dan terasah. Dan selain itu semua: jiwanya telah kejangkitan perasaan menyerah. Ya, anak sekecil itu telah tahu apa artinya menyerah (Toer, 2002: 231)
Kutipan di atas merupakan sebuah potret penderitaan yang menyedihkan. Anak-anak berkumpul tanpa seorang Ayah dan ibu. Mereka harus menanggung beban yang sangat berat. Badannya kurus, kering, tinggal tengkorak kepala yang tampak gemuk dan besar kata Pram bagai “gerundang kering”. Tampak jelas kalau mereka kurang makan.
Penderitaan itu seakan merupakan penderitaan abadi bagi kelurga Pak Sumo. Meskipun sudah berganti penguasa –Jepang, Nasionalis, Komunis, Siliwangi, Inggris-, ketragisan hidup keluarga Pak Sumo tidak beranjak berubah. Ini dilukiskan Pram dengan sangat simpel.
Keadaan lama digantikan oleh keadaan baru –baru dalam bentuk. Isi tetap lama- tetap yang dulu-dulu juga: kesulitan hidup yang membelukar (Toer, 2002: 283)
Derita keluarga Pak Sumo, jika ditarik ke masa sekarang masih relevan. Meskipun negara kita sudah merdeka lebih dari setengah abad, kenyataannya kemiskinan masih melilit masyarakat bawah. Masalah kemiskinan, busung lapar, gizi buruk sampai bunuh diri akibat tekanan ekonomi menjadi sering kita simak dan kita baca dalam reportase dan berita saat ini.
Penderitaan Kakek Leman dalam cerpen “Yang Menyewakan Diri” dan Ahyat pada cerpen “Anak Haram” agak berbeda dengan tiga cerpen terdahulu. Penderitaan dalam kedua cerpen ini bukan akibat kekejaman penjajah, tetapi kekejaman penguasa pribumi. Penguasa memanfaatkan kelebihan Kakek Leman sebagai sosok yang kuat fisiknya sekaligus memanfaatkan kelemahan Kakek Leman sebagai sosok miskin dan bodoh. Bagi Kakek Leman, kemiskinan dan kebodohan itulah yang menyebabkan ia disewa sebagai pembunuh bayaran. Penguasa dalam hal ini pemilik modal berlaku sewenang-wenang terhadap kaum lemah sebagai alat untuk mendapatkan kepuasannya. Kakek Leman menjadi korban kekuasaan penguasa untuk mematrikan eksistensi kekuasannya.
Dalam cerpen “Anak Haram” penderitaan bermula dari seorang guru yang menghina, merendahkan, memojokkan, menyudutkan seorang muridnya yang bernama Ahyat. Dalam titik nadir, Si bocah Ahyat melemparkan tinta ke wajah gurunya karena emosi yang memuncak. Penghinaan, perendahan, penyudutan itu bermula dari sosok Ahyat yang lahir dari orang tua pengkianat. Karena, sewaktu zaman revolusi orang tua Ahyat menjadi seorang mata-mata. Dosa pengkhiatan tersebut melegitimasi pada Ahyat. Cerpen ini menawarkan wacana yang penting untuk didiskusikan. Benarkah kesalahan orang tua harus dipikul juga oleh anaknya? Dalam cerpen ini seakan berlangsung proses pembabtisan dosa dari orang tua kepada ahli warisnya. Potret semacam ini dapat kita lihat pada cerpen-cerpen Martin Aleida yang berjudul “Malam Kelabu”, Leontin Dewangga”, dan “Ode untuk Selembar KTP”.[8]
Pelajaran menarik dari kisah sedih dalam kelima cerpen di atas mengisyaratkan begitu pentingnya pembebasan terhadap kaum tertindas. Kisah-kisah sedih yang dialami kaum marjinal pada kelima cerpen di atas menunjukkan kepekaan intuitif pengarang terhadap penderitaan masyarakat bawah. Hal ini sesuai dengan konsep pengarang realime sosialis yang mengharuskan kegiatan sastra untuk kepentingan kaum proletar. Ini dilakukan Pram karena kecintaannya kepada masalah kemanusiaan. Sehingga, bagi Pram -sebagai pengarang realisme sosialis- keindahan itu terletak pada kemanusiaan, pembebasan terhadap penindasan. Jadi keindahan itu terletak pada kemurnian kemanusiaan, bukan dalam mengutak-atik bahasa [9]
Berbagai wujud penderitaan masyarakat bawah akibat arogansi penguasa juga mengilhami penyair Wiji Thukul dalam kumpulan puisinya Aku Ingin Jadi Peluru[10]. Di samping Wiji Thukul masih banyak sastrawan yang sangat peduli terhadap ketertindasan masyarakat bawah akibat kekuasaan. Misalnya dapat kita baca pada karya-karya Taufiq Ismail, W.S. Rendra, Riantiarno, Garin Nugroho,dan sastrawan-sastrawan lain.
Penderitaan Akibat Tradisi dan Budaya
Penderitaan akibat budaya meliputi budaya kawin muda, budaya lupa masa silam, dan budaya patriarki. Penderitaan akibat mengakarnya budaya kawin muda terepresentasikan pada cerpen “Inem”. Budaya lupa masa lalu terlihat pada cerpen “Yang Hitam”, sedangkan budaya patriarki tercermin dalam cerpen “Yang Sudah Hilang”, dan “Pelarian yang Tak Dicari”
Inem sebagai tokoh dalam cerpen “Inem” merupakan korban akibat budaya kawin muda. Ini bermula dari orang tua Inem yang terbius oleh kekayaan calon menantunya. Tetapi, karena Inem belum berumur tak dapat menjalankan kehidupan rumah tangga serta belum memahami akan hakikat perkawinan. Akhirnya perceraian sebagi ujung perkawinannya tak dapat dicegah, meski Inem mendapatkan nasihat tentang konsep budaya Jawa bahwa istri harus patuh kepada suami.
Dari sinilah tampak bahwa Pram meski lahir dan besar di tanah Jawa, menolak tradisi yang menentang logika pemikiran akal sehat. Potret Inem adalah potret masyarakat Jawa yang cenderung mengawinkan anak perempuannya pada usia yang sangat muda. Mengapa terjadi perkawinan muda? Kita tengok saja, bahwa budaya Jawa memang menggengggam konsep bahwa jika mempunyai anak wanita pantangan menjadi perawan “kasep”. Maka dari itu, masyarakat Jawa cenderung dan lebih suka jika anak perempuannya secepatnya mendapat jodoh.
Cerpen “Yang Sudah Hilang” berkisah tentang tidak kuasanya seorang istri berkomunikasi dengan suaminya. Tokoh suami sering meninggalkan rumah yang tidak jelas ujung pangkalnya. Kebiasaan itu mengakibatkan semua permasalahan hidup dipendam tanpa dibicarakan dengan suami. Dia rela menggenggam penderitaan bersama anak-anaknya. Dalam cerpen inilah Pram menunjukkan kepatuhan seorang istri terhadap suami. Hal yang dianut masyarakat Jawa semasa cerita pendek ini ditulis.
“Mengapa ibu mengaji terus?” tanyaku lagi.
“Supaya ayahmu selamat. Supaya ayahmu dijauhkan dari perbuatan maksiat. Engkau tak tidur lagi?”
“Di mana bapak bu?” tanyaku lagi.
“Sudah begini malam?” tanyaku lagi.
“Ya, bapak banyak bekerja.”
“Kapan bapak pulang bu?”
“Kalau engkau tidur, bapak nanti pulang. Ayo tidur lagi, anakku”.
Dialog anak dan Ibundanya di atas menunjukkan bahwa kepatuhan istri kepada suami begitu jelas. Meskipun sebenarnya sakit hati, sang Ibu tetap tegar menghadapi pertanyaan menyelidik dari anaknya. Apalagi ketika ditanya mengapa ibu mengaji terus? Sang ibu menjawab dengan arif, agar bapaknya selamat dan terhindar dari perbuatan maksiat.
Konsep patriarki sangat jelas pada kutipan cerpen di atas. Segala sesuatu merupakan urusan laki-laki. Laki-laki mempunyai kebebasan dalam melakukan apa saja. Laki-laki boleh keluar rumah seenaknya saja, bahkan boleh berselingkuh. Masyarakat Jawa menghendaki konsep patriarki berjalan terus, karena mempunyai pandangan bahwa wanita adalah figur yang tidak begitu penting dalam kehidupan bermayarakat. Wanita adalah “wani ditata”, “kanca wingking”, yang ranah pekerjaannya berkutat pada “dapur”, “kasur”, dan “pupur” dan tugasnya “masak”, “macak”, dan “manak”.
Dominasi laki-laki juga terlihat pada cerpen “Pelarian yang Tak Dicari”. Cerpen “Pelarian yang Tak Dicari” sebuah cerpen reportase kekejaman seorang Siman sebagai suami Siti. Dominasi Siman dalam kehidupan rumah tangga membuat Siti kabur dari rumah. Keluaraga ini dipenuhi percekcokan, pertengkaran yang selalu berujung pada penderitaan Siti. Klimaks pertengkaran keluarga tersebut terlukis dalam kutipan di bawah ini.
Dan tamparan pun menyusullah. Siti yang dalam sehari itu, mendapat hajaran dua kali, jatuh menggelimpang di tanah tak ingatkan diri. Mukanya yang cantik tertengadah ke genting rumah. Waktu itu malam sedang gelap-gelapnya –bulan tua- (Toer, 2002: 89)
Drama pertengkaran dalam dialog di atas merupakan klimaks dari cerpen “Pelarian yang Tak Dicari”. Mengapa drama pertengkaran di atas menjadi klimaks? Karena keesokan harinya Siti kabur dan tercebur menjadi pelacur. Pentingnya muatan dalam cerpen ini adalah ketimpangan persoalan keluarga yang didominasi laki-laki, sehingga istri yang kabur tidak dicari suaminya. Ketidakmauan seorang suami mencari istrinya yang kabur menandaskan bahwa ketidakberartian kehadiran wanita dalam keluarga, dan inilah paham masyarakat patriarki yang dipotret Pram.
Budaya melupakan sejarah terlukis dalam cerpen “Yang Hitam”. Dalam cerpen “Yang Hitam” ini , terdapat nuansa yang menarik untuk direnungkan karena budaya melupakan masa silam. Ketika orang-orang beramai-ramai dengan kegembiraan merayakan hari kemerdekaan, di sisi lain ada adegan yang kontroversial yakni dialog seorang Kirno dengan Tini adik kecilnya.
“Apa yang dilihat orang buta, Mas?”
“Apa yang dilihatnya Tini, hanya kegelapan saja.”
“Seperti malam, Mas?’
“Ya, seperti malam. Hitam seperti malam. Dan semua hitam saja kelihatannya.” (Toer, 2002: 317).
Dialog Kirno dengan Tini adalah kata hati seorang kakak beradik yang sangat menderita karena tradisi pengabaian sejarah. Dialog di atas menyentuh kesadaran kita atas kejamnya tradisi melupakan masa silam. Seorang Kirno semasa perjuangan merelakan matanya buta dan kakinya buntung hanya demi kemerdekaan. Akan tetapi, ketika orang-orang merayakan kemerdekaan yang tersisa hanyalah penderitaan. Kata “hitam” bagi Kirno dan keluarganya tidak sebatas dunia yang dilihatnya tapi kehidupan kini sampai masa depan hanyalah hitam dan hitam.
Penderitaan Akibat Kebodohan dan Kemiskinan
Penderitaan akibat kebodohan dan kemiskinan dapat kita simak pada cerpen “Pelarian yang Tak Dicari”, “Yang Menyewakan Diri”, dan “Sunat”. Dalam cerpen “Pelarian yang Tak Dicari” tidak hanya menggambarkan kekuasaan Siman sebagai seorang suami, tetapi kekejaman Siman karena kemiskinan yang melilit. Kemiskinan membawa Siman menjadi suami pemarah. Kemiskinan yang terbalut dengan kebodohan mengakibatkan terjerumusnya tokoh Siti sebagai pelacur. Profesi nista itu, bagi Siti bukan merupakan sebuah pilihan, tetapi merupakan dampak kebodohannya.
“Yang Menyewakan Diri’ merupakan salah satu cerpen Pram yang merepresentasikan kebodohan dan kemiskinan. Kebodohan dan kemiskinan Kakek Leman mengakibatkan ia mau menerima pekerjaan sebagai pembunuh bayaran. Dalam menjalani profesinya, Kakek Leman tertangkap lalu dijebloskan ke penjara. Kembali dari penjara tumbuhlah kesadarannya, bahwa orang hidup harus rajin dan juga pandai, pandai dalam arti yang lebih luas termasuk dalam memilih dan memilah jenis pekerjaan hingga ekonominya dapat tercukupi dengan baik. Pelajaran pahit itu dijadikan pijakan untuk menghabiskan hari-harinya bekerja dan terus bekerja. Tercukupinya kebutuhan hidup akhirnya Kakek Leman tidak berprofesi sebagai pembunuh bayaran lagi.
Kebodohan dan kemiskinan kembali dibangun Pram dalam cerpen “Sunat”. Menjadi muslim sejati merupakan harga mahal yang harus dibeli oleh seseorang. Mengapa mahal? Karena menjadi muslim harus lahir dari rahim ibu berharta. Kebodohan itu terjadi karena konsep menjadi Islam sejati ditandai dengan adanya peristiwa sunat. Yang menarik pada diri Mamuk, meski ia sudah disunat ternyata ia tidak merasakan adanya perubahan dalam dirinya. Dalam kebodohannya, Mamuk tahu jika ingin menjadi seorang Islam sejati ia harus menunaikan ibadah haji. Sedangkan, untuk naik haji tidak dapat dilakukan dengan bermodal kemiskinan, tetapi harus dengan uang banyak. Akhir kata, Mamuk tidak mungkin menjadi muslim sejati karena lahir dari rahim miskin.
Potret kebodohan dan kemiskinan pada diri Siti dan Mamuk merupakan cermin pahit yang dipaparkan Pram. Logika yang ditawarkan Pram adalah pentingnya memerangi kebodohan dan kemiskinan dari bumi tercinta ini. Kapan bangsa ini menjadi bangsa yang tidak menderita, jika kebodohan dan kemiskinan membalut terus-menerus?
Berkaitan dengan penderitaan akibat kebodohan dan kemiskinan itu harus menjadi pemicu untuk berpikir agar keluar dari lubang penderitaan. Akan tetapi, sosok Siti dan Mamuk sebagai bangsa terjajah sudah digiring oleh bangsa penjajah menjadi manusia-manusia yang bermental inferior. Kebodohan itu memang dibentuk dan diupayakan oleh kaum penjajah sebagai wakil bangsa Barat yang secara konstruk budaya harus menguasai bangsa Timur. Karena itu, bangsa Timur selalu menjadi bangsa yang lebih rendah dan lebih lemah dimata bangsa Barat. Dan sebaliknya bangsa Timur juga mengakui bahwa bangsa Barat memang lebih hebat dalam segala aspek kehidupan bila diabndingkan dengan bangsanya sendiri. Doktrin ini sudah mengakar dalam kebudayaan Timur, bahkan seorang Edwar Said menyatakan bahwa bangsa Timur tidak boleh melihat orang Barat meski orang Barat itu sudah berumur tua (2001:54).
Penutup
Cerita dari Blora bagai sebuah ensiklopedi penderitaan sosok-sosok marjinal yang terlukis dengan gaya realis. Penderitaan tokoh-tokoh itu disebabkan oleh kedzaliman penguasa, mengguritanya struktur budaya, kebodohan, dan kemiskinan yang sulit dilepaskan. Kedzaliman penguasa melalui ideologi imperealismenya mengejawantah dalam wujud kapitalistik yang akhirnya menciptakan kelompok borjuis selaku majikan dan kelompok proletar sebagai kaum buruh.
Di sisi lain penderitaan itu akibat budaya yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat. Sebagai missal, budaya melupakan masa silam, budaya patriarki, dan budaya kawin muda. Tak pelak lagi ensiklopedi penderitaan itu wujud dari kebodohan dan kemiskinan yang turun-temurun. Kebodohan dan kemiskinan yang turun-temurun ini juga akibat dari arogansi penguasa.
Ensiklopedi penderitaan dalam Cerita dari Blora dituturkan Pram, untuk menggugah kesadaran manusia untuk mengenang hakikat dirinya. Berbagai wujud penderitaan itu akhirnya mampu menarik empati kemanusian untuk didiskusikan dengan pembaca. Dan akhirnya, kepiawaian Pram dalam bertutur, kejelian mengangkat tema-tema kemanusian, dan kepedulian yang tinggi akan penderitaan sesama menunjukkan Pram seorang pengarang realisme sosialis sejati. Pengarang realisme sosialis sejati melakukan pergulatan secara intens dengan lingkungannya dalam memperjuangkan kebenaran dan upaya menuntut keadilan.
Catatan:
1. Ibe Karyanto, Realisme Sosialis George Lukacs, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1997, hal. 9.
2. Eka Kurniawan, Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis, Yayasan Aksara Indonsia, Yokyakarta, 1999, hal. 8.
3. Liberatus Tengsoe Tjahjono, Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi, Nusa Indah: Ende-Flores, 1988, hal. 37.
4. Sapardi Djoko Damono, Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 1984, hal. 4.
5. Lihat Albert Camus, “Seni dan Pemberontakan” , dalam Ahmad Norma (ed) Seni, Politik, Pemberontakan, (Terjemahan Hartono Hadikusumo), Yayasan Bentang Budaya, Yogyakarta, 1998, hal. 1
6. Eka Kurniawan, Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis, Yayasan Akasara Indonesia, Yogyakarta, 1999, hal. 4
7. Lihat larik sajak Chairil Anwar yang sangat popular dalam Kerikil Tajam dan yang Terhempas dan yang Putus.
8. Lihat Martin Aleida, Leontin Dewangga, Penerbit Buku Kompas, Jakarta, 2003.
9. Pramoedya Ananta Toer, Realisme Sosialis dan Sastra Indonesia, 2003, Lantera Dipantara, Jakarta, hal. 5.
10. Lihat Wiji Thukul, Aku Ingin Jadi Peluru, Indonesia Tera, Magelang, 2000. Buku ini berisi sajak-sajak protes kaum pinggiran terutama kaum buruh terhadap arogansi penguasa. Buku ini mengantarkan Wiji Thukul sebagai penyair yang mendapatkan hadiah YAP THIAM HIEN AWARD ke-10 pada tahun 2002. Penghargaan ini karena Wiji Thukul dianggap melindungi hak asasi manusia.
Daftar Bacaan:
Aleida, Martin. 2003. Leontin Dewangga. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Camus, Albert. 1988. “Seni dan Pemberontakan”, dalam Ahmad Norma (ed). Seni, Politik, Pemberontakan. (Terjemahan Hartono Hadikusumo). Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.
Damono, Sapardi Djoko. 1984. Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Karyanto, Ibe. 1997. Realisme Sosialis George Lukacs. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kurniawan, Eka. 1999. Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis. Yogyakarta: Yayasan Aksara Indonesia.
Said, Edwar W. 2001. Orientalisme. Bandung: Penerbit Pustaka.
Thukul, Wiji. 2000. Aku Ingin Jadi Peluru. Magelang: Indonesia Tera.
Tjahjono, Liberatus Tengsoe. 1988. Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi. Nusa Indah: Ende-Flores.
Toer, Pramoedya Ananta. 2002. Cerita dari Blora. Cetak Ulang IV. Jakarta: Hasta Mitra.
_______. 2003. Realisme Sosialis dan Sastra Indonsia. Jakarta: Lantera Dipantara.
_______. 2000. Nyani Sunyi Seorang Bisu 1. Jakarta: Hasta Mitra.
_______. 2000. Nanyi Sunyi Seorang Bisu 2. Jakarta: Hasta Mitra.
*) Penulis adalah dosen STKIP PGRI Ponorogo
Dijumput dari: http://stkippgripo.ac.id/html/index.php?id=artikel&kode=19
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
A Rodhi Murtadho
A. Azis Masyhuri
A. Qorib Hidayatullah
A.C. Andre Tanama
A.S. Laksana
Abdul Aziz Rasjid
Abdul Hadi WM
Abdul Malik
Abdurrahman Wahid
Abidah El Khalieqy
Acep Iwan Saidi
Acep Zamzam Noor
Adi Prasetyo
Afnan Malay
Afrizal Malna
Afthonul Afif
Aguk Irawan M.N.
Agus B. Harianto
Agus Himawan
Agus Noor
Agus R. Sarjono
Agus Sri Danardana
Agus Sulton
Agus Sunyoto
Agus Wibowo
Ahda Imran
Ahmad Fatoni
Ahmad Maltup SA
Ahmad Muchlish Amrin
Ahmad Musthofa Haroen
Ahmad Suyudi
Ahmad Syubbanuddin Alwy
Ahmad Tohari
Ahmad Y. Samantho
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Ajip Rosidi
Akhmad Sekhu
Akmal Nasery Basral
Alex R. Nainggolan
Alexander G.B.
Almania Rohmah
Alunk Estohank
Amalia Sulfana
Amien Wangsitalaja
Aming Aminoedhin
Aminullah HA Noor
Andari Karina Anom
Andi Nur Aminah
Anes Prabu Sadjarwo
Anindita S Thayf
Anindita S. Thayf
Anitya Wahdini
Anton Bae
Anton Kurnia
Anung Wendyartaka
Anwar Nuris
Anwari WMK
Aprinus Salam
APSAS (Apresiasi Sastra) Indonesia
Ardus M Sawega
Arie MP Tamba
Arief Budiman
Ariel Heryanto
Arif Saifudin Yudistira
Arif Zulkifli
Arifi Saiman
Aris Kurniawan
Arman A.Z.
Arsyad Indradi
Arti Bumi Intaran
Ary Wibowo
AS Sumbawi
Asarpin
Asbari N. Krisna
Asep Salahudin
Asep Sambodja
Asti Musman
Atep Kurnia
Atih Ardiansyah
Aulia A Muhammad
Awalludin GD Mualif
Aziz Abdul Gofar
B. Nawangga Putra
Badaruddin Amir
Bagja Hidayat
Bakdi Sumanto
Balada
Bale Aksara
Bambang Agung
Bambang Kempling
Bamby Cahyadi
Bandung Mawardi
Bedah Buku
Beni Setia
Benni Indo
Benny Arnas
Benny Benke
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita Duka
Berita Utama
Bernando J Sujibto
Berthold Damshauser
Binhad Nurrohmat
Bonari Nabonenar
Bre Redana
Brunel University London
Budi Darma
Budi Hutasuhut
Budi P. Hatees
Budiman S. Hartoyo
Buku Kritik Sastra
Bung Tomo
Burhanuddin Bella
Butet Kartaredjasa
Cahyo Junaedy
Cak Kandar
Caroline Damanik
Catatan
Cecep Syamsul Hari
Cerbung
Cerpen
Chairil Anwar
Chamim Kohari
Chavchay Saifullah
Cornelius Helmy Herlambang
D. Zawawi Imron
Dad Murniah
Dadang Sunendar
Damhuri Muhammad
Damiri Mahmud
Danarto
Daniel Paranamesa
Dante Alighieri
David Krisna Alka
Deddy Arsya
Dedi Pramono
Delvi Yandra
Deni Andriana
Denny Mizhar
Dessy Wahyuni
Dewan Kesenian Lamongan (DKL)
Dewey Setiawan
Dewi Rina Cahyani
Dewi Sri Utami
Dian Hartati
Diana A.V. Sasa
Dianing Widya Yudhistira
Dina Jerphanion
Djadjat Sudradjat
Djasepudin
Djoko Pitono
Djoko Saryono
Dodiek Adyttya Dwiwanto
Dody Kristianto
Donny Anggoro
Donny Syofyan
Dony P. Herwanto
Dorothea Rosa Herliany
Dr Junaidi
Dudi Rustandi
Dwi Arjanto
Dwi Fitria
Dwi Pranoto
Dwi S. Wibowo
Dwicipta
Dwijo Maksum
E. M. Cioran
E. Syahputra
Egidius Patnistik
Eka Budianta
Eka Kurniawan
Eko Darmoko
Eko Hendrawan Sofyan
Eko Triono
Elisa Dwi Wardani
Ellyn Novellin
Elokdyah Meswati
Emha Ainun Nadjib
Endro Yuwanto
Eriyanti
Erwin Edhi Prasetya
Esai
Evi Idawati
F Dewi Ria Utari
F. Dewi Ria Utari
Fadlillah Malin Sutan Kayo
Fahrudin Nasrulloh
Faisal Kamandobat
Fajar Alayubi
Fakhrunnas MA Jabbar
Fanani Rahman
Faruk HT
Fatah Yasin Noor
Fatkhul Anas
Fazabinal Alim
Fazar Muhardi
Felix K. Nesi
Festival Sastra Gresik
Fikri. MS
Frans Ekodhanto
Fransiskus X. Taolin
Franz Kafka
Fuad Nawawi
Gabriel GarcÃa Márquez
Gde Artawa
Geger Riyanto
Gendhotwukir
Gerakan Surah Buku (GSB)
Ging Ginanjar
Gita Pratama
Goenawan Mohamad
Grathia Pitaloka
Gufran A. Ibrahim
Gunoto Saparie
Gusty Fahik
H. Rosihan Anwar
H.B. Jassin
Hadi Napster
Halim HD
Halimi Zuhdy
Hamdy Salad
Hamsad Rangkuti
Han Gagas
Haris del Hakim
Hary B Kori’un
Hasan Junus
Hasnan Bachtiar
Hasta Indriyana
Hasyuda Abadi
Hawe Setiawan
Helvy Tiana Rosa
Hendra Makmur
Hepi Andi Bastoni
Herdiyan
Heri KLM
Heri Latief
Heri Ruslan
Herman Hasyim
Hermien Y. Kleden
Hernadi Tanzil
Herry Lamongan
Heru Emka
Hikmat Gumelar
Holy Adib
Hudan Hidayat
Humam S Chudori
I Nyoman Darma Putra
I Nyoman Suaka
I Tito Sianipar
Ian Ahong Guruh
IBM. Dharma Palguna
Ibnu Rusydi
Ibnu Wahyudi
IDG Windhu Sancaya
Iffah Nur Arifah
Ignas Kleden
Ignasius S. Roy Tei Seran
Ignatius Haryanto
Ignatius Liliek
Ika Karlina Idris
Ilham Khoiri
Imam Muhtarom
Imam Nawawi
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Imron Rosyid
Imron Tohari
Indah S. Pratidina
Indiar Manggara
Indra Tranggono
Indrian Koto
Insaf Albert Tarigan
Ipik Tanoyo
Irine Rakhmawati
Isbedy Stiawan Z.S.
Iskandar Norman
Istiqomatul Hayati
Iswara N Raditya
Iverdixon Tinungki
Iwan Gunadi
Iwan Nurdaya Djafar
Jadid Al Farisy
Jakob Sumardjo
Jamal D. Rahman
Jamrin Abubakar
Janual Aidi
Javed Paul Syatha
Jay Am
Jaya Suprana
Jean-Paul Sartre
JJ. Kusni
Joanito De Saojoao
Jodhi Yudono
John Js
Joko Pinurbo
Joko Sandur
Joni Ariadinata
Jual Buku Paket Hemat
Junaidi Abdul Munif
Jusuf AN
Karya Lukisan: Andry Deblenk
Kasnadi
Katrin Bandel
Kedung Darma Romansha
Khairul Mufid Jr
Ki Panji Kusmin
Kingkin Puput Kinanti
Kirana Kejora
Ko Hyeong Ryeol
Koh Young Hun
Komarudin
Komunitas Deo Gratias
Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias
Korrie Layun Rampan
Kritik Sastra
Kurniawan
Kuswaidi Syafi'ie
Lathifa Akmaliyah
Latief S. Nugraha
Leila S. Chudori
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember
Lenah Susianty
Leon Trotsky
Linda Christanty
Liza Wahyuninto
Lona Olavia
Lucia Idayani
Luhung Sapto Nugroho
Lukman Santoso Az
Luky Setyarini
Lusiana Indriasari
Lutfi Mardiansyah
M Syakir
M. Faizi
M. Fauzi Sukri
M. Mustafied
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
M.H. Abid
M.Harir Muzakki
Made Wianta
Mahmoud Darwish
Mahmud Jauhari Ali
Majalah Budaya Jejak
Makmur Dimila
Malkan Junaidi
Maman S Mahayana
Manneke Budiman
Mardi Luhung
Mardiyah Chamim
Marhalim Zaini
Maria Hartiningsih
Mariana Amiruddin
Martin Aleida
Marwanto
Mas Ruscitadewi
Masdharmadji
Mashuri
Masuki M. Astro
Media Dunia Sastra
Media: Crayon on Paper
Mega Vristian
Melani Budianta
Mezra E Pellondou
MG. Sungatno
Micky Hidayat
Mikael Johani
Mikhael Dua
Misbahus Surur
Moch Arif Makruf
Mohamad Fauzi
Mohamad Sobary
Mohamed Nasser Mohamed
Mohammad Takdir Ilahi
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Amin
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Nanda Fauzan
Muhammad Qodari
Muhammad Rain
Muhammad Subarkah
Muhammad Taufiqurrohman
Muhammad Yasir
Muhammad Zuriat Fadil
Muhammadun AS
Muhyidin
Mujtahid
Munawir Aziz
Musa Asy’arie
Musa Ismail
Musfi Efrizal
Mustafa Ismail
Mustofa W Hasyim
N. Mursidi
Nafi’ah Al-Ma’rab
Naqib Najah
Narudin Pituin
Naskah Teater
Nasru Alam Aziz
Nelson Alwi
Neni Ridarineni
Nezar Patria
Ni Made Purnamasari
Ni Putu Rastiti
Nirwan Ahmad Arsuka
Nirwan Dewanto
Noval Jubbek
Novelet
Nunung Nurdiah
Nur Utami Sari’at Kurniati
Nurdin Kalim
Nurel Javissyarqi
Nurhadi BW
Obrolan
Odhy`s
Okta Adetya
Orasi Budaya Akhir Tahun 2018
Orhan Pamuk
Otto Sukatno CR
Pablo Neruda
Patricia Pawestri
PDS H.B. Jassin
Pipiet Senja
Pramoedya Ananta Toer
Pranita Dewi
Prosa
Proses Kreatif
Puisi
Puisi Pertemuan Mahasiswa
Puji Santosa
Pustaka Bergerak
PUstaka puJAngga
Putu Fajar Arcana
Putu Setia
Putu Wijaya
R. Timur Budi Raja
Radhar Panca Dahana
Rahmah Maulidia
Rahmi Hattani
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Rambuana
Ramzah Dambul
Raudal Tanjung Banua
Redhitya Wempi Ansori
Reiny Dwinanda
Remy Sylado
Resensi
Revolusi
Ria Febrina
Rialita Fithra Asmara
Ribut Wijoto
Richard Strauss
Rida K Liamsi
Riduan Situmorang
Ridwan Munawwar Galuh
Riki Dhamparan Putra
Rina Mahfuzah Nst
Rinto Andriono
Riris K. Toha-Sarumpaet
Risang Anom Pujayanto
Rita Zahara
Riza Multazam Luthfy
Robin Al Kautsar
Robin Dos Santos Soares
Rodli TL
Rofiqi Hasan
Roland Barthes
Romi Zarman
Romo Jansen Boediantono
Rosidi
Ruslani
S Prana Dharmasta
S Yoga
S. Jai
S.W. Teofani
Sabine Müller
Sabrank Suparno
Safitri Ningrum
Saiful Amin Ghofur
Sajak
Salamet Wahedi
Salman Rusydie Anwar
Samsudin Adlawi
Sapardi Djoko Damono
Sarabunis Mubarok
Sartika Dian Nuraini
Sastra Using
Satmoko Budi Santoso
Saut Poltak Tambunan
Saut Situmorang
Sayuri Yosiana
Sayyid Madany Syani
Sejarah
Sekolah Literasi Gratis (SLG)
Sem Purba
Seno Gumira Ajidarma
Seno Joko Suyono
Shiny.ane el’poesya
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Sindu Putra
Siti Mugi Rahayu
Siti Sa’adah
Siwi Dwi Saputro
Sjifa Amori
Slamet Rahardjo Rais
Soeprijadi Tomodihardjo
Sofyan RH. Zaid
Sohifur Ridho’i
Soni Farid Maulana
Sony Prasetyotomo
Sonya Helen Sinombor
Sosiawan Leak
Sri Rominah
Sri Wintala Achmad
St. Sularto
STKIP PGRI Ponorogo
Subagio Sastrowardoyo
Sudarmoko
Sudaryono
Sudirman
Sugeng Satya Dharma
Suhadi
Sujiwo Tedjo
Sukar
Suminto A. Sayuti
Sunaryono Basuki Ks
Sungatno
Sunlie Thomas Alexander
Suryadi
Suryanto Sastroatmodjo
Susilowati
Sutan Iwan Soekri Munaf
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Sutrisno Buyil
Syaifuddin Gani
Taufiq Ismail
Taufiq Wr. Hidayat
Teguh Winarsho AS
Tengsoe Tjahjono
Th. Sumartana
Theresia Purbandini
Tia Setiadi
Tjahjono Widarmanto
Tjahjono Widijanto
TS Pinang
Tu-ngang Iskandar
Tulus Wijanarko
Udo Z. Karzi
Umbu Landu Paranggi
Universitas Indonesia
Urwatul Wustqo
Usman Arrumy
Usman Awang
UU Hamidy
Vinc. Kristianto Batuadji
Vladimir I. Braginsky
W.S. Rendra
Wahib Muthalib
Wahyu Utomo
Wardjito Soeharso
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Wayan Sunarta
Weni Suryandari
Wiko Antoni
Wina Karnie
Winarta Adisubrata
Wiwik Widayaningtias
Yanto le Honzo
Yanuar Widodo
Yetti A. KA
Yohanes Sehandi
Yudhis M. Burhanudin
Yukio Mishima
Yulhasni
Yuli
Yulia Permata Sari
Yurnaldi
Yusmar Yusuf
Yusri Fajar
Yuswinardi
Yuval Noah Harari
Zaki Zubaidi
Zakky Zulhazmi
Zawawi Se
Zen Rachmat Sugito
Zuriati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar