Nurel Javissyarqi *
http://sastra-indonesia.com
Sudah lama saya tidak menulis, Bismillah…
Tanggal 15 Juli 2012 saya membedah salah satu karyanya penulis ini (Penakluk Badai; novel biografi KH. Hasyim Asy’ari) tanpa makalah (lantaran informasi kepada saya mendadak, dan di hari itu juga mengisi acara di kampus STITAF, Siman, Sekaran, Lamongan, dengan makolah bertitel “Pendidikan; Prospek Pembentuk Karakter Budaya”, untunglah jadwal waktunya tidak bertabrakan; pagi hingga siangnya di Pesantren Sunan Drajad, siangnya sampai sore di kampus).
Dan 14 Mei 2014 kini membedah bukunya yang saya singkat Paus, sebagaimana perpendekan dari judul bukunya, di Pesantren Putri al-Fathimiyah, Banjarwati, Paciran, sebelah baratnya Pesantren Sunan Drajad, Lamongan (tempat bedah novelnya). Ia dapat dibilang produktif, sudah puluhan buku lahir atas jemari tangannya, ia pun putra terbaik Mbah Lamong yang pernah menimba keilmuan di Mesir. Bagi saya, ia penulis yang berjalan di jalur lurus, apapun dirinya kenyam; pengalaman hidup, pembacaan hayat, penafsiran buku-buku yang dipejarinya demi mengukuhkan iman sekaligus bersyiar menegakkan panji-panji kebenaran yang diyakini, pendek kata tidak sastrawan asal-asalan. Ini melayangkan ingatan pada bakal buku saya yang menohok mereka kelak, yang sukanya tanpa penyelidikan dalam penelusuran jauh, bagi jawabannya; Insyaallah akan terbit di tahun ini “Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia,” yang mungkin sama satu sisi atas buku dibedah kali ini; membongkar borok nalar jahiliah, kemudian memekarkan harum kembang akidah Islamiyah, bagi para penulis muslim yang kangen memasuki alam sastrawi, amin.
Buku Paus karya penulis ganteng itu menambah perbendaharaan bagi bangunan susastra di Nusantara, setidaknya memberi peringatan agar mereka tidak lepas kendali dengan membaca sejarah; yang mengsle sepatutnya dibetulkan, yang bengkok seyogyanya diluruskan. Berhubung belum membaca atau buku tersebut belum berada di tangan, jadi mengalir saja. Saya peroleh kabar judulnya Paus dari panitia, saat perjalanan hari Jum’at 9 Mei 2014, antara Ponorogo-Lamongan, tepatnya jalan tembus Nganjuk-Ploso, tidak melewati kota Jombang. Laku ini; pembacaan sebelum kejadian, mengingatkan saya kepada santri Gebang Tinatar Tegalsari, Ponorogo, R.Ng. Ronggowarsito yang menjawab surat lawan bicaranya tanpa baca layangnya terlebih dulu, atau menanggapi perkara yang sedang akan terjadi. Sebelum menembus Paus, sekali lagi sudah lama tidak menulis, jadi perlu mengulas balik perjalanan diri, kalau pun ingatan ialah sejarah. Alhamdulillah dari bulan Mulud sampai di dalam Rajab tahun ini, saya sudah rampung mengeditori karya guru saya KH. A. Aziz Masyhuri, yang bertitel “Ensiklopedia Tarekat dalam Tasawuf” yang dipengantari Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Said Aqil Sirad, dan Martin van Bruinessen, atau telah lama tidak merambahi dunia sastrawi dengan ketekunan seajek masa lalu, ini melayangkan rekaman tatkala mengisi acara di kota Malang bulan lalu, syukurlah serpihan ingatan itu layaknya kembali oleh dibantu pembanding saya yang setia mengamati perkembangan sastra, ia juga penulis esai, peneliti kebudayaan, sekaligus penyair yang duduk sebagai dosen di UIN Malang, yakni Misbahus Surur, di kota Apel tersebut pula bertemu sastrawan Denny Mizhar, lantas ingatan-ingatan itu kini kembali segar bugar, maka sepatutnya catatan ini diteruskan.
Mungkin buku Paus semacam penjabaran meluas sedari titik esainya Aguk yang pernah membedah karya saya, jika diri ini keterlaluan, esainya “Menimbang Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (SCB) dari buku Nurel: Menggugat Tanggungjawab Kepenyairan” (dibedah di Pusat Kebudayaan Indonesia-Belanda “Karta Pustaka,” Jl. Bintaran Tengah 16 Yogyakarta, 21 Juli 2011) yang embrionya kalau tidak keliru sudah ditulisnya di Koran Republika, sebelum buku saya terbit. Setelah membuka google, data buku Paus berisikan esai-esai budaya dan agama, cetakan I, 2013, x + 434 hlm; 15 cm x 23 cm, penerbit Jalasutra, Yogyakarta. Sepintas laksana betul terbilang pada (kutipan) pengantar bukunya berikut ini: “Buku ini merupakan karya suntingan dengan beragam tajuk yang kami pilih dan kumpulkan. Sebagian besar berbentuk esai-esai ringan yang sudah dipublikasikan di pelbagai koran, baik nasional maupun daerah, serta majalah-majalah dan jurnal. Sebagian lain berbentuk makalah yang kami sampaikan dalam kesempatan seminar dan diskusi di tingkat nasional maupun lokal. Dan sebagian lagi berbentuk makalah ilmiah, sebagai tugas belajar di bangku program Pasca Sarjana selama kuliah di UIN Sunan Kalijaga.”
Kini waktunya saya bercuap-cuap; sejarawan Karen Armstrong yang menulis buku “Muhammad, a Biography of the Prophet” menyebutkan di buku itu “Puisi ialah pusat kehidupan politik Arab” yang sebelumnya mengunggah puisinya Ka’b ibn Asyraf, seorang penyair Yahudi dari klan Nadir yang pergi ke Makkah dan mulai menulis syair menghasut, demi mendesak suku Quraisy merapatkan barisan melawan Muhammad serta membalas dendam, bunyi syairnya: Wahai bumi tatkala nyawa mereka malayang // Telah terbelah dan menelan manusia// Dialah yang menyebarkan kisah yang merasuki // atau hidup ketakutan, buta dan tuli. Syair di masa itu khususnya (di Arab) dan pada umumnya sekarang (di Indonesia), maksud saya yang berbobot memiliki daya pamor tak sekadar nalar juga rasa, pula sejarah yang melingkupinya, tak cuma menggerakkan jiwa pun mampu merasuki ruh-ruh pendengarnya, hingga mental tanggung mudah dilahap rayuannya, dibakar semangat belianya ke lembah-lembah kegelapan maupun sebaliknya sanggup mengangkat ke derajad tertinggi, terus membagi pencerahan bagi indra-indra dipersaksikan di atas bukit kebenaran yang dilantunkan. Namun kini laksana jauh dari bukti (realitas), semacam mimpi di siang bolong kalau hendak mengamini paragraf ini, tapi perlulah dipetik bagaimana para penyair yang hidup di Tanah Air kini, kebanyakan mereka berlatih menyusun kata-kata indah yang tidak berasal dari laku hidupya, bersibuk menyuntuki jasadiah teks, dan tidak beranjak sedari mana kata-kata hadir lalu mengembara, seperti para pelajar berlatih membuat puisi lantas disenggang waktu dikumpulkan di meja redaksi untuk dikoreksi, disortir mengenai dimuat-tidaknya di halaman koran atau majalah, tujuannya membuat puisi/sajak menawan, runutan kalimatnya kuat sebab berkali-kali dibenahi, menambal lubang-lubang kelemahan ditutupi dengan ketekunan berulang, ketundukan pada nafsu ingin diakui. Syair-syair itu kelak jadi timbunan sampah kertas yang membuat orang-orang malas membacanya, karena geguratannya dari pembelajaran atas keinginan menulis kalimat indah, yang kerap terlepas dari pembacaan karya para leluhur, atau kehadirannya tidak mewakili suara musim-musim menaungi bangsanya hadir serta tumbuh di dunia ini. Bagaimana mampu membuat karya mempuni, jikalau dalam kehidupannya sehari-hari jarang merenungi di tengah wengi menginsyafi lelangkah kaki kembaranya, tak sekadar ayunan ingatan di atas bacaan yang mengisari, mereka jarang menyendiri demi peroleh inti daripada perjuangan panjang bangsanya, seakan melupa merambahi leladang kesadaran insani untuk menghaturkan kesaksian dari beningnya malam pertiwi, demi dipersembahkan pada siang pengorbanan, mereka terlelap kesibukan membuat menara gading yang pasti retak ambruk menimpahi wewaktunya jadi kesia-siaan merenggut usianya, lantaran tidak menelaah gerak terdalam hakikat hidup seirama kata-perbuatan, selaras laku-keyakinan, seimbang membaca perubahan, serasi denyutan jiwanya naik-turun semelodi angin bertiup menghidupi pepohonan, suburkan mata air pegunungan, serta mengharumkan kembang-kembang peradaban.
Buku Paus saya kira menghidangkan santapan lezat bagi yang ingin berjalan di landasankebenaran; mengetengahkan keindahan santun, memiliki rerujukan dari bebidang disorotinya serta diramu menjelma formula tidak sekadar jitu, juga perluas kewaspadaan perasaan insani; pembacanya saat menyusuri arus besar yang disandang karya tersebut. Menyuguhkan penerang bahwa karya sastra tidak beraneh-aneh, dan gagasan kesastrawiannya bukan bermula dari keblingeran ingin dianggap nyeleneh, tetapi berawal hati teguh iman, penalaran kuat, menghayatan dalam, bukan rakitan apalagi akrobatik kata laksana sulapan. Karya-karya Aguk; novel, esai, cerpen pula puisinya, sedari pembacaan jati dirinya di tengah-tengah pergolakan jamannya, mengudar hidupnya demi memantabkan keyakinan, membentangkan hasil bumi penyelidikannya, dengan langkah pelahan terus mempelajari apa yang patut ditopang, dan menghempaskan yang perlu ditinggalkan. Sekadar menyebut nama pengarang karya sastra yang diilhami ruhaniah Qur’ani, Jalaluddin Rumi dengan Diwan-i Syams-i Tabriz-nya, kitab At-Thawasin karya al-Hallaj, masuk ke dataran Tanah Air di Serambi Mekkah (Aceh) bertebaran karya-karya Hikayat Perang Sabil (HPS), ada yang bersumber dari kitab Mukhtasar Muthiri’I-gharam disusun Syaikh Ahmad Ibn Musa, kitab Tadkhiratal-Radikin (1890) atas Tgk. Chik Kutakarang, ada juga HPS (1834) sedari karangan ulama besar Syaikh Abd al-Samad (Abussamad) al-Falimbani (Palembang), pula HPS yang disusun Teungku Putroe, permaisuri Sultan Muhammad Daud Syah. Kalau menyimak para penyair di masa Rasulullah SAW, semisal Hasan bin Tsabit, Ibnu Rawahah, lebih jauh dapat dibaca di buku Paus. Para beliau mengarang karya sastra bukan semata ingin dikenal sebagai sastrawan, tetapi lewat sentuhan langgam kesusastraan, berharap para pembacanya memahami yang sejatinya diperjuangkan dalam sekelumit usianya, beliau mengurai tahap kecintaannya kepada Allah SWT dengan tidaklewar dari perangai menawan di atas kilatan cahaya kitab suci, segala sumber pencapaian para pendahulu dipelajari, dipadukan pencarian pribadinya terhadap keindahan suci. Para beliau memantabkan iman bukan oleh penalaran saja, juga pergulatan goda dalam wewaktu peribadatannya, bersunyi-sepi menapaki tangga hidup nur pengetahuan, membaca segenap perubahan, menyimak bebentuk rayuan lembut, mengenal dalam fitroh manusia atas makolah para sahabat nabi, para imam, para mufassir dll, kesemuannya dikandung dalam kurungan masa kehidupan di dunia, yang sebagian terlahir dalam karya-karya besarnya dan kita mengenalnya.
***
Barusan panitia acara telepon, kalau bukunya akan sampai besok sore di Stasiun Semut, Surabaya, jadi masih ada kesempatan membaca barang sehari-semalam sebelum melanjutkan. Olehnya sambil menunggu akan diunggah tulisan saya yang dulu di status facebook mengenai alam di Ponorogo, menimang-nimang tak membuang yang pernah lewat dan tercatatkan: diam-diam saya melangkah dengan kata-kata lirih pelahan, agar pepohon tetap bergoyang dengan nadanya, rerumputan senantiasa khusyuk dalam dekapan, dan sinar mentari menerobos celah dedaunan tanpa bimbang. Lalu apa yang tersentuh lewati jemari menjadi kelembutan pemahaman, hingga cecabang penalaran serta kilatan-kilatan hati dalam mendiaminya, tidak lepas tali kekangan. Sedari sentuhan itu, andai menemui hikmah, tiada lain semoga pembaca yang lebih segalanya daripada saya, turut berkenan menghadiahi hembusan doa, agar kelak melangkah pada titian panjang, seirama untaikan kata mutiara HOS. Tjokroaminoto, “Setinggi-tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat.” Di joresan Mlarak, sekitar satu kilo meter dari Gebang Tinatar Tegalsari, Jetis, ke arah timur matahari, dimana alamnya cantik rupawan, musim tanam padi mulai tumbuh lembut menghampar luas dikelilingi pebukitan dari kejauhan, dalam suasana kejujuran tropis itu, saya bagaikan lumpur berhasrat membuka tirai-tirai jendela, guna seluruh pandangan, segenap kesaksian malam-siang, tidak sekadar dilewati roda jaman, masa yang cepat aus, waktu terlanjur menepi, juga memiliki bekas cukup pantas dikenang sekaligus dilestarikan dalam untaian karangan munajad pembaca yang menjelma mata rantai sholawat ke suluruh semesta lahir-batin, mengisi antariksa jagad alit pula besar, demi persaudaraan langgeng di dunia pula di akhirat.
***
Dan saya baca buku Paus meski selintas, jika ini kritik sewujud berlari serampangan, kalau dianggap begitu tak masalah, Aguk bisa membalas kritiknya nanti pada buku saya selanjutnya, dan umpama dikira saran, puji syukur Alhamdulillah. Pembacaan saya dari halaman 3 sampai 176, dari esai “Binhad Nurrohmat dan kembalinya unsur Sastra Jahiliyah” hingga “Perihal tersingkirnya Puisi dari Industri Buku.” Dalam lintasan baca segerak cepat saya peroleh nada-nada kecenderungan diulang, atau kekisah sama diulas balik untuk memperkuat yang dikritisi dan memang itu tak mengapa, namun mengurangi keindahan. Mungkin perihal tersebut dikarena tuntutan media yang dikirimi karyanya, nan perlu gerak cepat jua untuk menuliskannya, di sini saya tidak mengalami keterhambatan membaca meski segerakan kilat, atau tidak terbata-bata seperti Aguk baca buku tipis saya yang dulu melihat (anggapannya) saya dalam keadaan terbata-bata dalam menuliskannya (esai Aguk mengenai buku saya pun ada di buku Paus). Beberapa kali saya pelajari polemik yang menghiasi media massa, nyata kurang memiliki perenungan dalam, seolah melupa bahwa penulis sudah mengetengahkannya, pahadal ketika tampil jadi bendelan buku, sangat kentara pengulangannya. Atau esai-esai di buku Paus, serasa hampir sama cara penyajiannya dengan bebuku kumpulan esai yang ditulis para kritikus sastra di Indonesia, yakni himpunan dari beberapa kasus yang ditulis di media cetak pun yang diadakan dalam wewaktu acara diskusi. Pengulangan di beberapa tempat (esai), semisal kisah penyair jahiliyah al-Qois yang nasibnya jadi gelandangan terluta, keagungan penyair muslim Ibnu Rawahah di hadapan kanjeng Nabi Muhammad SAW, dukungan penulis pada Najib Kaelani dst, namun secara garis besar Aguk punya peta penalaran jelas atau kritiknya tegas, mana yang harus disentil (Binhad Nurrohmat), sekadar disenggol (Damhuri Muhammad), disowahi(Hamid Jabbar) dipertanyakan (Taufik Ismail), yang dikritisi (Maman S Mahayana), dan sastra ngeseks dibantai habis. Tetapi sayangnya (mungkin ini hanya ungkapan saya saja) Aguk tetap mengakui Chairil Anwar sebagai pentolan, tidak mengkritik tegas mental si binatang jalang yang menjiplak lalu diperhalus HB. Jassin jadi penyadur di beberapa puisinya, pun tidak mengamati arus kecil mengisarinya yang tak pantas disebut pelopor di masanya. Selebihnya buku ini memikat, karena tidak banyak kritikus di Indonesia yang mengulas jauh alam kesusastraan di jazirah Arab, bisalah dibuat pegangan bagi yang mau memasuki dunia sastra Islam, atau buku Paus menambah wawasan serta sedikit-sedikit dapat memperteguh pengetahuan, tentunya sambil menyinauhi dalam-meluas apa saja yang Aguk sampaikan, agar benar-benar kepada pemahaman tersendiri.
Halaman 179 ke 400, Aguk memperlebar ayunan jala pemikirannya, tak melulu dalam negeri, jua bersangkut kepada para pemikiran luar yang akrab dengan jemari kekinian; menyapa dekat Muhammad Abduh, memperkenalkan Khalil Abdul Karim di antara kaum pemikir muslim yang ulang lainnya, mengenai Dr. Yusuf Qardlawi saya memilih berhati-hati, sebab iklim di Mesir berbeda dibandingkan di Indonesia yang tropis, tentunya mempengaruhi geliat nalar kaum penghuninya, meski di lain tempat Aguk memberi perbandingan Indonesia-Mesir, seperti pada catatan buat Ikranegera. Ada pola nalar Aguk bisa dibilang menarik, semisal memotret Mbah Maridjan seibaratan Nabi Ibrahim, perihalPadusan dts, yang menampilkan kearifan lokal untuk disinauhi kembali. Di esainya “Kesejajaran dan Pertentangan: Sains dan Agama,” sang penulis banyak menyisir permukaan ahli pikir Barat yang mempelajari keilmuan sedari khasana Islam, dan saya jadi tahu bagaimana pandangan Aguk menyikapi Stephen W. Hawking. Namun ada kelewat,mungkin Aguk abai atau lalai pada bukunya Eugene A. Myers “Arabic Thought and The Western Word” yang salah satunya mendapati penalaran Thomas Aquinas sedari temuannya al-Farabi. Selanjutnya mempertimbangkan Sutan Takdir Alisjahbana, tentu setelah baca jaman keemasan Yunani, kejayaan Islam, serta capaian Barat kini, untuk mencerna lemah lempung Pertiwi. Aguk pun memperkenalkan pemikiran al-Jilli diantara Nietzsche dan Søren Kierkegaard, mengetengahkan teorinya Charles Sanders Peirce bersama biografinya, kian dekat memahami posisi Ayatullah Khomeini dengan Mohammad Reza Syah (Dinasti Pahlevi), fenomena lokal Muhammad Yusman Roy, tidak luput menulis Adonis beserta sepak terjang kegelisahannya, menyikapi karikatur Nabi SAW pada koran harian di Denmark Jyllands Posten (30 September 2005), dan ditutup dengan esai “Tradisi Kenduren, Kearifan Lokal dan Identitas Budaya.”
Maka dalam buku Aguk yang dibagi 4 bagian, saya membacanya dengan 2 tarikan,Pertama lebih akrab mengenal dunia sastra di Indonesia dengan bumbu sedap sejarah kesusastraan sebelum Islam sampai turunnya ayat-ayat (al-Qur’an) teguran bagi para penyair hingga apa saja yang sepatutnya dilakukan sastrawan muslim, di sini Aguk memukul mundur sastra wangi, lalu memberi pengajaran sejauh mana seyogyanya susastra yang Islami, bukan yang berkembang ngepop sekarang ini, terlepas dari sejarah pergulatan orang-orang yang melakoni hidupnya dalam masyarakat. Kedua, di sinilah perbedaan para kritikus sastra Indonesia dengan Aguk, yang tak hanya berkutat dalam lingkaran dirinya sebagai penulis, tetapi berani keluar menyoroti perubahan, menyikapi laju jamannya, dan memberi benih unggul pengertian yang pantas dijumputi penulis setelahnya. Olehnya dari kisaran tulisan ini dapat ditarik benang simpul, pembacaan awal ke pertengahan cukup baik, yang tengah hingga tuntas bisa dibilang lumayan baik, dan biografi Aguk menjanjikan terbaik, karena sebentar lagi menyandang gelar Doktor. Jadi para mahasiswa dan kaum santri yang mengikuti diskusi kali ini, sangat merugi kalau tidak membeli bukunya; yang bagi saya ada beberapa buku bisa cepat kadaluarsa apa yang diunggahnya, sementara bukunya Aguk tidak mempan oleh fenomena tersebut, maka hukumnya wajib bagi kawula muda Lamongan untuk memilikinya, kalau ingin berbicara dunia sastra Islam pula para pemikir muslim beserta perkembangan geliatnya. Terakhir kali mohon maaf atas pembacaan yang melaju cepat, tentu masih siap menjawab yang mungkin kelak saya genapi, sebab apalah hebatnya gerak lesat hanya dibantu setan lewat, maka Wallahualam bissawab…
14 Mei 2014, dekat Bengawan Solo di desa Karangcangkring, Dukun, Gresik.
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
A Rodhi Murtadho
A. Azis Masyhuri
A. Qorib Hidayatullah
A.C. Andre Tanama
A.S. Laksana
Abdul Aziz Rasjid
Abdul Hadi WM
Abdul Malik
Abdurrahman Wahid
Abidah El Khalieqy
Acep Iwan Saidi
Acep Zamzam Noor
Adi Prasetyo
Afnan Malay
Afrizal Malna
Afthonul Afif
Aguk Irawan M.N.
Agus B. Harianto
Agus Himawan
Agus Noor
Agus R. Sarjono
Agus Sri Danardana
Agus Sulton
Agus Sunyoto
Agus Wibowo
Ahda Imran
Ahmad Fatoni
Ahmad Maltup SA
Ahmad Muchlish Amrin
Ahmad Musthofa Haroen
Ahmad Suyudi
Ahmad Syubbanuddin Alwy
Ahmad Tohari
Ahmad Y. Samantho
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Ajip Rosidi
Akhmad Sekhu
Akmal Nasery Basral
Alex R. Nainggolan
Alexander G.B.
Almania Rohmah
Alunk Estohank
Amalia Sulfana
Amien Wangsitalaja
Aming Aminoedhin
Aminullah HA Noor
Andari Karina Anom
Andi Nur Aminah
Anes Prabu Sadjarwo
Anindita S Thayf
Anindita S. Thayf
Anitya Wahdini
Anton Bae
Anton Kurnia
Anung Wendyartaka
Anwar Nuris
Anwari WMK
Aprinus Salam
APSAS (Apresiasi Sastra) Indonesia
Ardus M Sawega
Arie MP Tamba
Arief Budiman
Ariel Heryanto
Arif Saifudin Yudistira
Arif Zulkifli
Arifi Saiman
Aris Kurniawan
Arman A.Z.
Arsyad Indradi
Arti Bumi Intaran
Ary Wibowo
AS Sumbawi
Asarpin
Asbari N. Krisna
Asep Salahudin
Asep Sambodja
Asti Musman
Atep Kurnia
Atih Ardiansyah
Aulia A Muhammad
Awalludin GD Mualif
Aziz Abdul Gofar
B. Nawangga Putra
Badaruddin Amir
Bagja Hidayat
Bakdi Sumanto
Balada
Bale Aksara
Bambang Agung
Bambang Kempling
Bamby Cahyadi
Bandung Mawardi
Bedah Buku
Beni Setia
Benni Indo
Benny Arnas
Benny Benke
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita Duka
Berita Utama
Bernando J Sujibto
Berthold Damshauser
Binhad Nurrohmat
Bonari Nabonenar
Bre Redana
Brunel University London
Budi Darma
Budi Hutasuhut
Budi P. Hatees
Budiman S. Hartoyo
Buku Kritik Sastra
Bung Tomo
Burhanuddin Bella
Butet Kartaredjasa
Cahyo Junaedy
Cak Kandar
Caroline Damanik
Catatan
Cecep Syamsul Hari
Cerbung
Cerpen
Chairil Anwar
Chamim Kohari
Chavchay Saifullah
Cornelius Helmy Herlambang
D. Zawawi Imron
Dad Murniah
Dadang Sunendar
Damhuri Muhammad
Damiri Mahmud
Danarto
Daniel Paranamesa
Dante Alighieri
David Krisna Alka
Deddy Arsya
Dedi Pramono
Delvi Yandra
Deni Andriana
Denny Mizhar
Dessy Wahyuni
Dewan Kesenian Lamongan (DKL)
Dewey Setiawan
Dewi Rina Cahyani
Dewi Sri Utami
Dian Hartati
Diana A.V. Sasa
Dianing Widya Yudhistira
Dina Jerphanion
Djadjat Sudradjat
Djasepudin
Djoko Pitono
Djoko Saryono
Dodiek Adyttya Dwiwanto
Dody Kristianto
Donny Anggoro
Donny Syofyan
Dony P. Herwanto
Dorothea Rosa Herliany
Dr Junaidi
Dudi Rustandi
Dwi Arjanto
Dwi Fitria
Dwi Pranoto
Dwi S. Wibowo
Dwicipta
Dwijo Maksum
E. M. Cioran
E. Syahputra
Egidius Patnistik
Eka Budianta
Eka Kurniawan
Eko Darmoko
Eko Hendrawan Sofyan
Eko Triono
Elisa Dwi Wardani
Ellyn Novellin
Elokdyah Meswati
Emha Ainun Nadjib
Endro Yuwanto
Eriyanti
Erwin Edhi Prasetya
Esai
Evi Idawati
F Dewi Ria Utari
F. Dewi Ria Utari
Fadlillah Malin Sutan Kayo
Fahrudin Nasrulloh
Faisal Kamandobat
Fajar Alayubi
Fakhrunnas MA Jabbar
Fanani Rahman
Faruk HT
Fatah Yasin Noor
Fatkhul Anas
Fazabinal Alim
Fazar Muhardi
Felix K. Nesi
Festival Sastra Gresik
Fikri. MS
Frans Ekodhanto
Fransiskus X. Taolin
Franz Kafka
Fuad Nawawi
Gabriel García Márquez
Gde Artawa
Geger Riyanto
Gendhotwukir
Gerakan Surah Buku (GSB)
Ging Ginanjar
Gita Pratama
Goenawan Mohamad
Grathia Pitaloka
Gufran A. Ibrahim
Gunoto Saparie
Gusty Fahik
H. Rosihan Anwar
H.B. Jassin
Hadi Napster
Halim HD
Halimi Zuhdy
Hamdy Salad
Hamsad Rangkuti
Han Gagas
Haris del Hakim
Hary B Kori’un
Hasan Junus
Hasnan Bachtiar
Hasta Indriyana
Hasyuda Abadi
Hawe Setiawan
Helvy Tiana Rosa
Hendra Makmur
Hepi Andi Bastoni
Herdiyan
Heri KLM
Heri Latief
Heri Ruslan
Herman Hasyim
Hermien Y. Kleden
Hernadi Tanzil
Herry Lamongan
Heru Emka
Hikmat Gumelar
Holy Adib
Hudan Hidayat
Humam S Chudori
I Nyoman Darma Putra
I Nyoman Suaka
I Tito Sianipar
Ian Ahong Guruh
IBM. Dharma Palguna
Ibnu Rusydi
Ibnu Wahyudi
IDG Windhu Sancaya
Iffah Nur Arifah
Ignas Kleden
Ignasius S. Roy Tei Seran
Ignatius Haryanto
Ignatius Liliek
Ika Karlina Idris
Ilham Khoiri
Imam Muhtarom
Imam Nawawi
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Imron Rosyid
Imron Tohari
Indah S. Pratidina
Indiar Manggara
Indra Tranggono
Indrian Koto
Insaf Albert Tarigan
Ipik Tanoyo
Irine Rakhmawati
Isbedy Stiawan Z.S.
Iskandar Norman
Istiqomatul Hayati
Iswara N Raditya
Iverdixon Tinungki
Iwan Gunadi
Iwan Nurdaya Djafar
Jadid Al Farisy
Jakob Sumardjo
Jamal D. Rahman
Jamrin Abubakar
Janual Aidi
Javed Paul Syatha
Jay Am
Jaya Suprana
Jean-Paul Sartre
JJ. Kusni
Joanito De Saojoao
Jodhi Yudono
John Js
Joko Pinurbo
Joko Sandur
Joni Ariadinata
Jual Buku Paket Hemat
Junaidi Abdul Munif
Jusuf AN
Karya Lukisan: Andry Deblenk
Kasnadi
Katrin Bandel
Kedung Darma Romansha
Khairul Mufid Jr
Ki Panji Kusmin
Kingkin Puput Kinanti
Kirana Kejora
Ko Hyeong Ryeol
Koh Young Hun
Komarudin
Komunitas Deo Gratias
Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias
Korrie Layun Rampan
Kritik Sastra
Kurniawan
Kuswaidi Syafi'ie
Lathifa Akmaliyah
Latief S. Nugraha
Leila S. Chudori
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember
Lenah Susianty
Leon Trotsky
Linda Christanty
Liza Wahyuninto
Lona Olavia
Lucia Idayani
Luhung Sapto Nugroho
Lukman Santoso Az
Luky Setyarini
Lusiana Indriasari
Lutfi Mardiansyah
M Syakir
M. Faizi
M. Fauzi Sukri
M. Mustafied
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
M.H. Abid
M.Harir Muzakki
Made Wianta
Mahmoud Darwish
Mahmud Jauhari Ali
Majalah Budaya Jejak
Makmur Dimila
Malkan Junaidi
Maman S Mahayana
Manneke Budiman
Mardi Luhung
Mardiyah Chamim
Marhalim Zaini
Maria Hartiningsih
Mariana Amiruddin
Martin Aleida
Marwanto
Mas Ruscitadewi
Masdharmadji
Mashuri
Masuki M. Astro
Media Dunia Sastra
Media: Crayon on Paper
Mega Vristian
Melani Budianta
Mezra E Pellondou
MG. Sungatno
Micky Hidayat
Mikael Johani
Mikhael Dua
Misbahus Surur
Moch Arif Makruf
Mohamad Fauzi
Mohamad Sobary
Mohamed Nasser Mohamed
Mohammad Takdir Ilahi
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Amin
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Nanda Fauzan
Muhammad Qodari
Muhammad Rain
Muhammad Subarkah
Muhammad Taufiqurrohman
Muhammad Yasir
Muhammad Zuriat Fadil
Muhammadun AS
Muhyidin
Mujtahid
Munawir Aziz
Musa Asy’arie
Musa Ismail
Musfi Efrizal
Mustafa Ismail
Mustofa W Hasyim
N. Mursidi
Nafi’ah Al-Ma’rab
Naqib Najah
Narudin Pituin
Naskah Teater
Nasru Alam Aziz
Nelson Alwi
Neni Ridarineni
Nezar Patria
Ni Made Purnamasari
Ni Putu Rastiti
Nirwan Ahmad Arsuka
Nirwan Dewanto
Noval Jubbek
Novelet
Nunung Nurdiah
Nur Utami Sari’at Kurniati
Nurdin Kalim
Nurel Javissyarqi
Nurhadi BW
Obrolan
Odhy`s
Okta Adetya
Orasi Budaya Akhir Tahun 2018
Orhan Pamuk
Otto Sukatno CR
Pablo Neruda
Patricia Pawestri
PDS H.B. Jassin
Pipiet Senja
Pramoedya Ananta Toer
Pranita Dewi
Prosa
Proses Kreatif
Puisi
Puisi Pertemuan Mahasiswa
Puji Santosa
Pustaka Bergerak
PUstaka puJAngga
Putu Fajar Arcana
Putu Setia
Putu Wijaya
R. Timur Budi Raja
Radhar Panca Dahana
Rahmah Maulidia
Rahmi Hattani
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Rambuana
Ramzah Dambul
Raudal Tanjung Banua
Redhitya Wempi Ansori
Reiny Dwinanda
Remy Sylado
Resensi
Revolusi
Ria Febrina
Rialita Fithra Asmara
Ribut Wijoto
Richard Strauss
Rida K Liamsi
Riduan Situmorang
Ridwan Munawwar Galuh
Riki Dhamparan Putra
Rina Mahfuzah Nst
Rinto Andriono
Riris K. Toha-Sarumpaet
Risang Anom Pujayanto
Rita Zahara
Riza Multazam Luthfy
Robin Al Kautsar
Robin Dos Santos Soares
Rodli TL
Rofiqi Hasan
Roland Barthes
Romi Zarman
Romo Jansen Boediantono
Rosidi
Ruslani
S Prana Dharmasta
S Yoga
S. Jai
S.W. Teofani
Sabine Müller
Sabrank Suparno
Safitri Ningrum
Saiful Amin Ghofur
Sajak
Salamet Wahedi
Salman Rusydie Anwar
Samsudin Adlawi
Sapardi Djoko Damono
Sarabunis Mubarok
Sartika Dian Nuraini
Sastra Using
Satmoko Budi Santoso
Saut Poltak Tambunan
Saut Situmorang
Sayuri Yosiana
Sayyid Madany Syani
Sejarah
Sekolah Literasi Gratis (SLG)
Sem Purba
Seno Gumira Ajidarma
Seno Joko Suyono
Shiny.ane el’poesya
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Sindu Putra
Siti Mugi Rahayu
Siti Sa’adah
Siwi Dwi Saputro
Sjifa Amori
Slamet Rahardjo Rais
Soeprijadi Tomodihardjo
Sofyan RH. Zaid
Sohifur Ridho’i
Soni Farid Maulana
Sony Prasetyotomo
Sonya Helen Sinombor
Sosiawan Leak
Sri Rominah
Sri Wintala Achmad
St. Sularto
STKIP PGRI Ponorogo
Subagio Sastrowardoyo
Sudarmoko
Sudaryono
Sudirman
Sugeng Satya Dharma
Suhadi
Sujiwo Tedjo
Sukar
Suminto A. Sayuti
Sunaryono Basuki Ks
Sungatno
Sunlie Thomas Alexander
Suryadi
Suryanto Sastroatmodjo
Susilowati
Sutan Iwan Soekri Munaf
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Sutrisno Buyil
Syaifuddin Gani
Taufiq Ismail
Taufiq Wr. Hidayat
Teguh Winarsho AS
Tengsoe Tjahjono
Th. Sumartana
Theresia Purbandini
Tia Setiadi
Tjahjono Widarmanto
Tjahjono Widijanto
TS Pinang
Tu-ngang Iskandar
Tulus Wijanarko
Udo Z. Karzi
Umbu Landu Paranggi
Universitas Indonesia
Urwatul Wustqo
Usman Arrumy
Usman Awang
UU Hamidy
Vinc. Kristianto Batuadji
Vladimir I. Braginsky
W.S. Rendra
Wahib Muthalib
Wahyu Utomo
Wardjito Soeharso
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Wayan Sunarta
Weni Suryandari
Wiko Antoni
Wina Karnie
Winarta Adisubrata
Wiwik Widayaningtias
Yanto le Honzo
Yanuar Widodo
Yetti A. KA
Yohanes Sehandi
Yudhis M. Burhanudin
Yukio Mishima
Yulhasni
Yuli
Yulia Permata Sari
Yurnaldi
Yusmar Yusuf
Yusri Fajar
Yuswinardi
Yuval Noah Harari
Zaki Zubaidi
Zakky Zulhazmi
Zawawi Se
Zen Rachmat Sugito
Zuriati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar